Senin, 12 Desember 2016

Beberapa Hal Penting Sebelum Anda Memulai Membuka Bisnis Jasa

Memulai bisnis usaha memang mudah mudah gampang, namun jika tidak menggungakan persiapan yang matang mungkin bisnis jasa yang anda usahakan tidak akan cukup berkembang secara optimal, menjamurnya serta maraknya jenis bisnis jasa membuat skill anda tidak cukup untuk membuat bisnis jasa anda maju dan berkembang, maka ada beberapa hal ayng harus anda perhatikan sebelum anda benar benar ingin memulai bisnis jasa yang akan realisasikan.
Semakin jeli kita bisa membaca situasi maka akan semakin mudah kita mengidentifikasi permasalahan yang terjadi, hingga pada akhirnya kita bisa mencetuskan ide bisnis kreatif dan inovatif apapun yang bisa kita realisasikan dan laksanakan,. Nah, kira-kira apa saja permasalahan yang terjadi di sekitar tempat tinggal Anda? Apa saja ide Anda untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut? Jika kedua pertanyaan di atas terjawab dengan baik, maka yakinlah, ide Anda itu adalah cikal bakal sebuah bisnis jasa yang hebat

Nah, untuk bisa menemukan ide bisnis atau usaha yang terbilang inovatif, setidaknya ada 5 sumber inspirasi yang bisa menjadi acuan bagi anda untuk mempertimbangkan jasa yang ingin atau akan anda lakukan.

RISET JASA YANG AKAN ANDA CIPTAKAN

Melakukan riset adalah sesuatu yang perlu dilakukan untuk memastikan bisnis jasa yang akan andaluncurkan akan mendapatkan “tempat” di pasar. Dengan bantuan media internet melalui fasilitas browsing, kini sangat mudah melakukan riset untuk menemukan ide produk atau bisnis jasa yang inovatif. Anda cukup mengetik kata kunci tertentu terkait dengan ide di kepala Anda, lalu tekan tombol enter dan akan bermuncullan aneka bisnis sejenis atau terkait dengan ide bisnis akan Anda lakukan.
Nah, dari penelusuran ini Anda bisa begitu mudah mengkombinasi beberapa bisnis yang sudah ada dan meramunya kembali menjadi sebuah bisnis baru yang inovatif. Internet juga bisa digunakan untuk memastikan apakah sebuah ide bisnis betul-betul orisinil dan belum ada samanya di tempat lain.

BELAJAR DARI SUKSES BISNIS LAIN

Bisnis yang sudah sukses dan mapan pasti memiliki sejumlah tips, trick dan nilai keunggulan. Dengan mengetahui nilai keunggulannya, Anda juga bisa mulai membangun bisnis baru yang serupa tetapi dengan beberapa nilai lebih yang berbeda dengan bisnis aslinya. sulit menemukan sebuah ide bisnis. Ujian berat biasanya terjadi pada tahap bagaimana memulai bisnis tersebut sehingga bisa berhasil dan mapan. Nah, pada tahap ini apakah Anda pernah memikirkan bagaimana meniru sebuah bisnis yang sudah eksis lalu kemudian mengganti brand-nya dengan nama yang Anda sukai dan memberikan “nilai tambah” pada bisnis tersebut?

BELAJAR DARI MASALAH PERSONAL

Terkadang persoalan yang kita alami secara personal bisa menjadi sebuah ide bisnis yang brilian. Banyak beberapa pelaku usaha bisnis jasa yang menciptakan usaha jasanya karena masalah yang datang dari diri sendiri, contohnya, seseorang yang risih dengan timbunan sampah didekat tempat tinggalnya menjadi kendala baginya, hingga terpikir untuk membuat jasa daur ulang sampah yang dapat menghasilkan, atau aplikasi Go-jek yang kini sedang marak, sejarah Go-jek adalah masalah dari pemilik Mas Nadiem yang begitu sulit menemukan transportasi yang mudah dan efisien.
Terinspirasi oleh masalah itulah, akhirnya muncul ide kreatif Nadiem untuk membuat aplikasi yang bisa membantu tukang ojek menemukan calon penumpang, atau sebaliknya penumpang yang langsung menemukan tukang ojek melalui bantuan teknologi.

BELAJAR DARI MASALAH ORANG LAIN

Cara ini membutuhkan kepekaan anda untuk melihat situasi dilingkungan sekitar, hal hal yang mungkin bisa membantu masalah orang banyak bisa menjadi inspirasi ide bisnis jasa yang akan anda jalankan, semisal, tak hanya itu, melihat sumber daya yang potensial di sekitar anda membuat anda bisa lebih optimal dalam menjalankan bisnis jasa Anda.
Menemukan ide bisnis juga bisa dilakukan dengan mempelajari dan menganalisa masalah yang dikeluhkan oleh orang lain terkait dengan bisnis yang sudah berjalan. Khusus untuk tahap ini, kekuatan data yang berisi masukan dari setiap customer menjadi salah satu syarat. Jika masukan customer baik melalui testimoni langsung, email, chatting maupun komplain bisa dianalisa dengan tepat, tidak mustahil bisa muncul sebuah ide bisnis baru yang lebih laku di pasaran.

TREND MASA KINI

Metode selanjutnya untuk bisa menemukan sebuah ide bisnis adalah dengan memperhatikan trend yang sedang berkembang. Trend adalah sesuatu yang sedang dibicarakan oleh banyak orang saat ini dan kejadiannya berdasarkan fakta. Anda bisa mengamati trend pada lingkungan sosial, politik atau lingkungan dan kemudian menjadikannya inspirasi memulai sebuah bisnis yang inovatif.
Contoh kasus adalah trend politik pilkada saat ini. Setidaknya, dengan rencana pelaksanaan pilkada pada sejumlah daerah membuat kita bisa mencari ide bisnis kreatif dan inovatif terkait dengan kegiatan kampanye para kandidat calon kepala daerah.

MELAKUKAN TEROBOSAN

Memunculkan Ide Kreatif dengan melakukan terobosan Ide-ide kreatif dan inovatif cenderung keluar dari pola pikir normatif yang lumrah kita jumpai. Dalam proses menemukan ide bisnis yang kreatif, kita disarankan untuk berpikir di luar kotak (out of the box thinking). Prinsipnya adalah pikirkan hal yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain! Jika Anda mampu melakukannya pada setiap tahap dan sumber inspirasi ide bisnis di atas, maka Insya Allah akan mudah menemukan ide bisnis kreatif yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ingat, ide bisnis yang Anda telorkan sebaiknya harus mampu menjawab permasalahan yang ada. Tanpa kemampuan solutif menyelesaikan masalah customer, sebuah bisnis tidak akan berkembang dengan baik. Jika ide bisnis Anda benar-benar kreatif dan inovatif, memberikan nilai kebermanfaatan bagi orang lain, maka kegiatan marketingnya akan semakin mudah dan tidak butuh biaya banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar